Rabu, 21 November 2012

PENGERTIAN ISI-ISI PROPOSAL

Bagian Utama Laporan Skripsi      
BAB I. Pendahuluan
Bab ini memuat : Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tinjauan Pustaka
(Penelusuran/Penghadiran Penelitian Terdahulu yang sejenis) dan Tujuan serta Manfaat hasil
penelitian.
1.                  Latar Belakang
Latar belakang pada hakekatnya menggambarkan suasana problem obyek yang akan diteliti yang sekurang-kurangnya berisi : penentuan masalah, keaslian penelitian. Latar belakang dapat ditulis dengan gaya logika tutur induktif, atau deduktif.
a. Penentuan masalah memuat penjelasan tentang alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan penelitian itu dipandang menarik dan perku diteliti. Diuraikan pula posisi masalah yang diteliti dalam permasalahan yang lebih luas.Permasalahan harus relevan dengan jurusan yang diambil.
b. Keaslian penelitian dimaksudkan bahwa masalah yang hendak diteliti belum pernah dipecahkan oleh peneliti terdahulu. Jika permasalahannya mirip, maka harus ditegaskan perbedaan penelitiannya dengan penelitian terdahulu.

2. Perumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan inti dari subyek yang hendak diteliti dan harus terukur, dapat diuji melalui pengumpulan dan analisis data. Perumusan harus dibuat secara tepat dalam bentuk kalimat tanya dan dapat disusun secara numerik atau tidak numerik. Dalam perumusan masalah ini harus dijelaskan periode waktu pengamatan, dan unit analisis (kelompok, Negara atau individu).
2.      Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah merupakan upaya yang membatasi ruang lingkup bahasan dan obyek penelitian
3.      Tujuan dan Manfaat Hasil Penelitian
Dalam bagian ini disebutkan secara umum dan spesifik tujuan yang ingin dicapai, sesuai dengan perumusan masalah.Selain itu, dalam bagian ini juga memuat manfaat hasil penelitian secara teoritis dan atau praktek.
4.      Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka memuat uraian sistematis tentang penelitian sejenis yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya dan yang ada hubungannya dengan penelitian yang akan dilakukan. Dalam tinjauan pustaka ini harus secara jelas dinyatakan bahwa permasalahan yang akan diteliti belum terjawab atau belum terpecahkan oleh peneliti-peneliti terdahulu.
Di samping itu, dalam bagian ini perlu diuraikan secara sistematis (kalau perlu dalam bentuk tabel) tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terdahulu yang terkait dengan obyek penelitian atau studi yang dilakukan. Hal-hal yang diuraikan menyangkut antara lain keunikan dari studi tersebut, metode penelitian, hasil temuannya dan keterbatasan dari penelitian tersebut. Diupayakan agar studi-studi yang diuraikan diambil dari sumber aslinya.Jumlah penelitian terdahulu yang dihadirkan minimal 3 (tiga) buah penelitian.
Bab II. Kerangka Teori
1.      Kerangka Teori
Dalam bagian ini, pertama-tama mahasiswa harus mendeskripsikan secara teoritik masing-masing variabel dengan sub-bab sendiri yakni variable independent dan dependen.Apabila variable independennya lebih dari satu, maka sebanyak itu pulalah yang harus dideskripsi-teoritikkan.
Kemudian deng sub-bab tersendiri mahasiswa harus menggambarkan secara anlitis-teoritis hubungan antara variable independent dan variable dependen. Disini harus dihadirkan sebuah teori yang mapan yang relevan dengan focus penelitian skripsinya sebagai landasan teoritik untuk memecahkan masalah penelitian atau menjawab/membahas rumusan masalah yang telah disusun sebelumnya. Misal, kalau penelitiannya mengukur pengaruh media massa, maka teori Agenda Setting, Hubungan Sosial, Penggolongan Sosial, Jarum Hipodermis, Difusi Inovasi, atau Persuasi layak dipakai. Asusmsi dasar dari masing-masing teori tersebut harus dijelaskan, dan kemudian dikuatkan oleh berbagai pendapat para pakar secara berantai dan bertautan.
2.      Hipotesis
Hipotesis memuat pernyataan singkat yang disimpulkan dari landasan teori, dan merupakan jawaban sementara terhadap masalah yang diteliti, dan kebenarannya masih harus dibuktikan secara empiris.Hipotesis seperti ini merupakan keharusan dalam penelitian kuantitatif.
Bab III. Metode Penelitian
Bab ini menggambarkan secara menyeluruh metode penelitian yang telah digunakan dalam proses penelitian. Metoda penelitian ini memuat tentang : jenis penelitian, definisi konseptual dan operasional. sumber dan jenis data, populasi dan sample, teknik pengumpulan data, teknik analisis data.
1. Jenis Penelitian
Dalam bagian ini mahasiswa harus menjelaskan tentang jenis penelitian yang dipakai, apakah penelitian kuantitatif atau kualitatif, serta menunjukkan/mendeskripsikan alasan-alasan kuatnya. Mahasiswa juga harus menjelaskan metoda penelitian yang dipakai, apakah Survey, Sensus, Content Analysis, Historis, Deskripsi, Studi Kasus, Eksperimen, Sosiometrik, dll.
2. Definisi Konseptual dan Operasional
Dalam bagian ini mahasiswa menjelaskan pengertian – pengertian dari variabel – variabel yang diteliti yang secara jelas sesuai dengan judul penelitian.Hal ini sebagai usaha memperjelas hal – hal yang diteliti.Jadi yang didefinisikan bukan kata demi kata yang ada dalam kalimat judul, namun variable-variabel (independent, dependen, intervening, dan lain sebagainya) yang ada dalam judul penelitian dimaksud.
Definisi operasional merupakan usaha menjabarkan definisi konseptual dari variabel penelitian ke dalam indikator – indikator. Kegunaan dari proses ini sebagai alat pengukur variable penelitian dimaksud. Juga untuk membantu menyusun item – item pertanyaan atau pernyataan dari suatu angket atau kuesioner.Misalnya, bila varabelnya Ketaqwaan, maka definisi konseptualnya adalah perilaku manusia untuk menjalankan perintah-perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Sedangkan definisi operasionalnya ditunjukkan dengan indikator - indikator a. melaksanakan shalat wajib; b. menjalankan puasa; c. memberi zakat; d.rendah hati; e.menjalankan amar ma’ruf; f.keberanian meluruskan kemungkaran dan lain sebagainya yang dilakukan oleh responden).
3.      Sumber dan Jenis Data
Bagian ini memuat sumber data yang diperoleh. Sumber data yang akan dikumpulkan diuraikan dengan jelas termasuk jenisnya. Jenis data primer atau data sekunder. Data primer merupakan jenis data yang diperoleh dari sumber utama ( pokok ). Untuk penelitian kuantitatif sumber primer berasal dari responden dengan menggunakan angket ( kuesioner ). Data Sekunder diperoleh dari sumber data pendukung (pelengkap).Data pelengkap dalam berasal dari dokumentasi atau pengamatan atau wawancara.
4.      Populasi dan Sampel
Bagian ini memuat uraian tentang karakteristik populasi, besaran sempel dan teknik pengambilan sempel.Populasi dan sempel harus dikemukakan dengan jelas batas-batasnya.
5.      Teknik Pengumpulan Data
Bagian ini memuat uraian yang cukup terinci tentang tata cara melaksanakan pengumpulan data, apakah dengan tehnik angket, wawancara, atau observasi (lapangan atau pemahaman isi teks). Wawancara atau angket harus disusun dari indikator-indikator yang tertulis dalam definisi operasional.Jadi indikator-indikator itulah dijabarkan menjadi pertanyaan-pertanyaan.
6.      Teknik Analisis Data
Bagian ini menerangkan jenis dari teknik analisis data yang digunakan.Memaparkan teknik / model rumus statistik yang digunakan. Pemilihannya harus sesuai dengan permasalahan penelitihan dan jenis datanya ( skala ). Misalnya metode content analysis dengan data nominal, maka uji Tabulasi Silang/Chi Square atau rumus statistic deskripsi lainnya adalah pilihan yang sesuai. Contoh yang lain adalah bila metode penelitiannya sosiometrik dengan data nominal, maka teknis analisis yang dapat diterapkan adalah Sosiogram, Matrik Sosiomatri, atau Indeks Sosiometri. Bila metode penelitiannya adalah sensus, studi kasus, survey, kuasi eksferimen dengan data ordina, interval atau rasio, maka teknik Korelasi Tata Jenjang Spearman, Product Moment, atau Regresi adalah pilihan analisis data yang tepat.
Bab IV. Gambaran Umum Obyek Penelitihan
Bab ini memuat gambaran secara garis besar mengenai daerah penelitian, obyek penelitian, reponden yang yergambar melalui masing-masing variable penelitian.
Bab V. Analisis Data Penelitian
A. Analisis Variabel Penelitian
Bagian ini mendeskripsika masing – masing variabel penelitian ( kalau variabel lebih dari satu ), dengan menggunakan deskriptif statistik. Jenis statistik deskriptif yang bisa digunakan diantaranya : distribusi frekuensi, tabulasi silang ( crosstab), normalitas data, grafik / gambar, dan lain – lain.
B. Analisis Uji Hipotesis
Bagian ini menjelaskan proses hubungan antar variabel ( untuk uji hubungan / pengaruh ), atau membandingkan antar variabel ( untuk uji perbandingan ) sebagai cara untuk menguji hipotesis penelitian. Uji hubungan atau perbandingan dilakukan dengan menggunakan uji statistik yang sesuai dengan jenis data ( skala data ). Menjelaskan atau menganalisis hasil uji statistik dengan prosedur tertentu.Kemudian menarik kesimpulan atas hubungan antar variabel tersebut.
Bab V Penutup
Bab ini terdiri atas kesimpulan dan saran/ rekomendasi.
1. Kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang merupakan rangkuman dari hasil penelitian dan hasil uji hipotesis. Kesimpulan berfungsi sebagai jawaban teoritik maupuan empirik atas permasalahan penelitian skripsi yang ada pada Bab I.
2. Saran atau merekomendasi dibuat, ditujukan baik kepada peneliti dalam bidang sejenis yang ingin melanjutkan atau mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan maupun kepada pengguna lainnya.
Bagian Akhir
Bagian akhir atas daftar pustaka, lampiran dan biodata penelitian
1.      Daftar Pustaka
Daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam penulisan skripsi dan disusun secara alpabetis sesuai dengan ketentuan yang berlaku (lihat lampiran 16)
2.      Lampiran
Dalam lampiran terdapat informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian, misalnya data mentah, hasil pengolahan data, angket, gambar lokasi.Informasi tersebut bersifat melengkapi penulisan skripsi.

1 komentar:

  1. Anda Pusing Mikirin Skripsi ? Kini anda tidak peru bingung dan Pusing lagi. dapatkan 500 Judul Skripsi Teknik Sipil secara gratis.

    Jika anda berminat silahkan kunjungi Blog kami dibawah ini. Di Zamin Skripsi anda akan tuntas dan selesai dengan cepat


    BACA SELNGKAPNYA

    BalasHapus